Friday 9 December 2016

Macam-macam Pendidikan


Macam-macam Pendidikan , yaitu :
   1. Pendidikan Informal

   2. Pendidikan Formal

   3. Pendidikan Non-Formal


Pendidikan Informal adalah pendidikan yang didapat dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sekitar tempat tinggal seorang anak. Pendidikan awal yang ditanamkan untuk membentuk kepribadian diri seorang anak. Pendidikan ini didapat sejak lahir. Bahkan mungkin juga dapat diperoleh sejak dalam kandungan.  Keluarga dan lingkungan masyarakat berperan penting dalam membentuk sikap, karakteristik dan perilaku seorang anak.

Contohnya adalah pendidikan bahasa Ibu yang didapat tanpa melalui pengajaran, seorang anak kecil belum bisa memahami ucapan seseorang. Namun, dengan mengulang-ngulang kata yang kita ucapkan secara tidak langsung mereka akan merekamnya dalam ingatan. Sehingga ketika mereka telah mampu menirukan, maka informasi-informasi yang tersimpan didalam ingatan akan mereka keluarkan.


Pendidikan formal adalah jalur pendidikan yang terstruktur dan memiliki tingkatan yang berjenjang. Dimulai dari pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, pendidikan sekolah menengah pertama, pendidikan sekolah menengah atas, sampai pada tingkatan perguruan tinggi. Pendidikan formal terdiri dari pendidikan yang berstatus negeri dan berstatus swasta. Negeri artinya milik pemerintah baik lembaga maupun instansi pemerintah. Dan dijalankan dibawah tanggung jawab pemerintah. Sedangkan swasta adalah milik pribadi seseorang atau suatu lembaga maupun instansi swasta.


Pendidikan Non-formal adalah pendidikan yang terstruktur dan berjenjang. Hasil pendidikan Non-Formal setara dengan Pendidikan Formal. 


Sasaran

Pendidikan nonformal diselenggarakan bagai masyarakat yang memerlukan pendidikan sebagai tambahan, pengganti, atau pelengkap pendidikan formal. Dalam rangka mendukung pendidikan sepanjang hayat.


Fungsi

Pendidikan nonformal memiliki fungsi sebagai sarana pengembangan potensi peserta didik dengan memberikan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang tertentu serta pengembangan sikap dan kepribadian secara profesional.


Jenis

Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidupp, pendidikan kesetaraan meliputi pendidikan paket A, B, C, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik seperti halnya lembaga pelatihan, sanggar, majelis taklim, kelompok belajar, serta pendidikan lain.   

Kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

No comments:

Post a Comment